Friday 3 April 2009

SONG MEANING -- EMPTY WALLS By SERJ TANKIAN


Your empty walls
Your empty walls
Pretentious attention
Dismissive apprehension
Don't waste your time
On coffins today
When we decline
From the confines of our mind
Don't waste your time
On coffins today

Don't you see their bodies burning
Desolate and full of yearning
Dying of anticipation
Choking from intoxication
Don't you see their bodies burning
Desolate and full of yearning
Dying of anticipation
Choking from intoxication

I want you to be left behind those empty walls
Taught you to see from behind those empty walls

Those empty walls
When we decline
From the confines of our mind
Don't waste your time
On coffins today


I loved you yesterday
Before you killed my family

Empty Walls, artinya ya tembok kosong--yang dimaksud Serj dengan tembok kosong adalah Irak setelah dibombardir Amerika Serikat. Empty coz there`s nothing left to do there. Lagu ini mewakili seluruh isi album elect the dead yang berisi kritik keras terhadap kebijakan perang AS di Irak.

Saya pikir, lirik2 selanjutnya dalam lagu ini bisa langsung dimengerti.
Bait kedua bercerita seputar kesia-siaan tindakan. "Don't waste your time, on coffins today.." lirik ini ditujukan untuk para serdadu AS dan pasukan koalisi yang datang ke Irak. Mereka hanya akan membuang2 waktu, bahkan hanya akan menjadi mayat dalam peti mati. Bahasa kita-nya mati konyol gitu lah.

Bait berikuitnya "Don't you see their bodies burning..." dan seterusnya bercerita tentang situasi perang yang dipenuhi korban2 ledakan bom. Kalimat selanjutnya, saya interpretasikan sebagai empty walls tadi, kota-kota yang dilanda perang menjadi zona yang terisolasi sekaligus dipenuhi racun (toxic) dari senjata dan peluru kendali. “Choking from intoxication"

Lirik selanjutnya,“I loved you yesterday, before you killed my family”, kalimat ini menceritakan bagaimana hubungan pemerintahan Irak dengan AS yang dulu pernah sangat dekat. Bahkan ketika perang Irak – Iran terjadi pada tahun 1980 – 1988, Amerika Serikat berada di pihak Irak. Sebagian besar masyarakat Irak memang mengakui kekejaman Saddam Hussein dan menginginkan adanya perbahan dalam system pemerintahan Irak. Amerika Serikat yang memang berkampanye untuk membebaskan rakyat Irak dari cengkraman rezim Saddam sempat mendapat dukungan yang luas. Namun, ternyata cara yang dipakai oleh AS terlalu radikal (perang) sehingga harapan rakyat Irak yang tadinya digantungkan pada negeri ini berubah menjadi kebencian dan dendam. Perang itu telah membunuh banyak rakyat Irak, tidak terkecuali wanita dan anak-anak.

2 comments:

insan said...

"empty walls" mungkin bermaksud penjara.
serj tankian cuba menyatakan dia ingin orang yang bertanggungjawab melakukan pembunuhan dihadapkan kemuka pengadilan

Unknown said...

sependapat dengan mimin. soalnya didalam videonya ada makna semiotik didalamnya seperti penjatuhan patung saddam husein.. tapi kekejaman saddam husein sih saya ga tau.

Post a Comment